Kamis, 29 Januari 2009

BIBLIOGRAPHY

Bab 1
1 Acts 14: 11.
[2] Saya tidak memberi rujukan-rujukan terinci pernyataan-pernyataan ini dan selanjutnya. Rujukan-rujukan tersebut banyak merupakan kesimpulan ringkas karya selama saya berada di Jerusalem lebih dari empat puluh tahun. Saya banyak menggunakan buku di perpustakaan Gereja Katedral St. George dan Ecole Biblique. Rujukan-rujukan yang baik akan didapatkan pada Mircea Eliade (ed.), Encyclopedia of Religion, New York: Macmillan, 1987, dalam artikel para ahli teologi yang berbeda satu sama lain dan seperti artikel tentang: Kredo, orang Kristen; Dogma.
3 Philippian 2: 7, 8.
4 Hans Kung, et al, Christianity and the World Religions: Paths to Dialogue with Islam, Hinduism and Buddhism, London: Collins, 1986.
5 Lebih rinci, lihat J. Spencer Trimingham, Christianity among the Arabs in Pre-Islamic Times, London: Longman, 1979.
6 Georg Graf, Geschichte der christlichen arabischen Literatur, vol. 1, Vatican City, 1944.
7 Ibn Hisham, Sira, F Wustenfeld (ed.),Gottingen, Dieterich, 1858-1860, h. 153. Ibn Hisham (meninggal 833 M.) mengedit bagian utama buku Sira atau Kehidupan Muhammad yang dikarang oleh Ibn Ishaq (meninggal 767 M.), dengan beberapa catatan tambahan dan penjelasan. Alfred Guillaume dalam terjemahan bahasa Inggrisnya, The Life of Muhammad, London: Oxford University Press, 1955. Ada pula tambahan beberapa paragraf dari sumber-sumber lain yang dijelaskan oleh Ibn Hisham dan memberi catatan-catatan tambahan di akhir tulisannya. Lihat pula hal. 38 volume ini dan catatan 3/20.
8 Ibn Hisham, Sira, F. Wustenfeld (ed), Gottingen, Dieterich, 1858-1860, h. 144; lihat Watt, Muhammad in Mecca, Oxford, Clarendon Press, 1953, h. 15; ayah-ibunya berkebangsaan Abyssinia - Ibn Habib, Muhabbar I, Lichtenstadter (ed.), Hyderabad: 1942, h. 307.
3 Rudi Paret, Der Koran: Kommentar und Konkordanz, Stuttgart: Kohlhammer, 1971 , QS. 6: 21.
4 Al-Thabari, Tafsir, Kairo, i, h. 278 (2: 75) dan v, 70 dan seterusnya (4: 46).
5 A. Mingana, Woodbrooke Studies, Cambridge: Heffer, 1928, ii, h. 35 dan seterusnya.
6 Lihat I. Goldzher, "Uber muhammedanische Polemik gegen Ahl al-Kitab" dalam Gesammelte Schriften, Hildescheim: Olms, 1968, ii, h. 1-47, khususnya h. 24-32.
7 2: 42, 77, 140, 146, 159, 174.3: 71. 5: 15 dan 6: 91.
8 John 14: 16, 26. 15:26. 16:7.
9 Lihat buku ini h.63.
10 Watt, "His Name is Ahmad", Moslem World, xliii, 1953, h. 110 dan seterusnya dan Early Islam, lihat catatan 3/1.
11 Ibn Hisham, Sira, F. Wustenfeld (ed., Gottingen: Dieterich, 1858-1860, h. 149 dan seterusnya.
12 Lihat A. Guhrie and E.F.F. Bishop, "The Paraclete, Al Munhamanna and Ahmad", Moslem World, xli, 1951, h. 251- 156; A. Guillame, Al-Andalus, xv, 1950, h. 289 296, dan catatan tentang Sira.
13 Ibn Sa'd, Thabaqat, (ed.) E. Sachau, 9 vol., Leiden: Brill, 1905 dan seterusnya.
14 Watt, Lihat catatan 1 bab 3, tentang "Perkembangan awal sikap orang Islam terhadap Bibel."
15 Ibn Hisham, h. 115-117 yang diterjemahkan pada Watt, Muhammad at Mecca, h. 36-38.
16 Ali ibn Rabban al-Thabari, Kitab al-din wa al-dawlah, (ed.) A. Mingana, Manchester, 1922.
17 Lihat Encylopedia of Islam, "Kashsh" (C. Pellat).
18 "Ka'b al-Ahbar", dalam Encyclopedia of Islam; Fuat Sezgin, Geschichte des arabischen Schrifttums, Leiden: Brill, i, h. 304.
19 Sezgin, op.cit, h. 305-307; Yaqut, Irshad (Dictionary of Learned men) (ed.) D.S. Margoliouth, 7 vol., London, E.J.W. Gibb Memorial Series, 1923-1926, vii, h. 232.
20 Columbia, SC: University of South Caroline Press.
21 Ibn Hisham, h. 972.
22 Guillaume, h. 651-658, terjemahan Al-Thabari, i, 1561-1569, lihat catatan 7 bab 1.
23 Watt, The Faith and Practice of al-Ghazali, London, Allen and Unwin, 1953, h. 44 dan seterusnya.
24 Watt, The Formative Period of Islamic Thought, Edinburgh, Edin burgh University Press, 1973, h. 2.
25 J. Wardenburg, "World religions as seen in the light of Islam" dalam A.T Welch and P. Cachia (ed.), Islam: Past Influence and Present Challenge, Edinburgh, Edinburgh University Press, 1979, h. 276-295.
26 Watt, Islamic Fundamentalism and Modernity, London, Routledge, 1988, h. 13.
27 Dari Ibn Abd al-Barr (meninggal tahun 1070), Jami' Bayan al-'Ilm, lihat pula Watt dalam catatan 1 bab 3.
28 "Israiliyyat" oleh G. Vajda dalam Encyclopedia of Islam, 1. Goldziher "Israiliyyat" dalam Gessamelt Schrifen, Hildesheimm, Olms, 1970, iv, h. 323-326.
29 G.H.A. Joynboll, The Authenticity of the Tradition Literature: Discussions in Modern Egypt, Leiden, Brill, 1969, h. 121.
30 G.H.A. Joynboll, op.ci., h. 137.
31 Al-Thabari, Akhbar al-rasul wa al-muluk (Annales) (ed.) de Goeje, et. al, 13 vol., Leiden, Brill, i, 1897. Buku ini diterjemahkan ke bahasa Inggris dalam The History of at-Tabari, editor Ehsan Yar-Shater, Albany, New York, University of New York Press,1987.
32 Al-Thabari, Annales, i, h. 740.
33 Muruj al-Dhahab, Terjemah bahasa Perancis oleh C.Barbier de Meynard and Pavet de Courteille, 7 vol., Paris, Societe Asiatique, 1861-1876.
34 Muruj, h.122. Lihat Lukas 4:16-21; Isaiah 42: 1 dan Matius 12: 18; Amsal Sulaiman 2: 7. Murujf i, h. 124.
35 "Ibn Athir", Encylopedia of Islam, edisi 2.
36 H.A.R. Gibb, Modern Trends in Islam, Chicago, University of Chicago Press, 1947, h. 125.
37 Muruj, iv, h. 107-109.
38 Ibn al-Atsir, Kamil, Kairo, 1929, i, h. 172.
Bab II

[1] Morits Steinschneider, Die arabischen Uberstzungen aus dern Griechischen, Graz, Akademmische Verlagsanstalt, 1960.
[2] Lihat buku saya Formative Period, bab 3 catatan 24, h. 186-195.
[3] Ibid, 303-312.
[4] Ibid, h. 206-208.
[5] The Spintual Physick, ter1emahan A.J. Arberry, London, Murray, 1950.
[6] M. Bouyges (ed.), Tahafut al-Falasifah, Beirut, Imprimesic Catholique, 1927.
[7] Watt, Faith and Practice, cacatan 23 bab 3. Untuk Al- Ghazali secara umum lihat Watt, Muslim Intellectual, Edinburgh, Edinburgh University of Press, 1963.
[8] "Al-Idji" oleh J.van Ess; "Al-Jurjani" oleh A.S. Triton dalam Encyclopedia of Islam.
[9] "Fakhr al-Din al-Razi" (Anawati), Encyclopedia of Islam.
[10] Louis Gardet and M. M. Anawati, Introduction a la theologie musulmane, Paris, Vrin, 1948.
[11] Averroes, Tahafut al-Tahafut, teriemahan Simon van den Bergh, 2 vol., London, Luzac, 1954.
[12] Moritz Seinschneider, Die europaische Ubersettungen aus dem Arabischen bis Mittes des 17. Jahrhunderts Graz, Akademische Verlagsanstalt,1956. Eugene A. Myers, Arabic Thought and the Western World, New York, Ungar, 1964.
[13] Gibb, Modern Trends, catatan 36 bab 3.
[14] Gardet and Anawati, op.cit., h. 76-78.
[15] Bandingkan J.A. Weisheipl, "Scholasticism", Encyclopedia of Religion, lihat catatan 2 bab 1.
[16] G.C. Anawati Cambridge History of Islam, PM. Holt, A.K.S. Lambton dan B. Lewis (ed.), Cambridge University Press, 1970, ii, h. 778.

1] Watt, Muhammad at Medina, Oxford, Clarendon Press, 1956, h. 145.
[2] T.W. Arnold, The Preaching of lslam: A History of the Propagation of the Muslim Faith, London, Luzac, 1935, h. 121-130.
[3] Ibn Hisham, Sira, F. Wustenfeld (ed.), Gottingen, Dieterich, 1858-1860, h. 403.
[4] Woodbrooke Studies, lihat catatan 5 bab 3, ii, h. 1-162. Bandingkan Robert Caspar, "Les Versions arabes du dialogue entre le Catholicos Timothee et le calife al- Mahdi", Islamochristiana, iii, 1977, h. 107-175.
[5] London, SPCK, 1885, yang didiskusikan panjang lebar oleh G. Graf, op.cit, ii, h. 135-145. Lihat pula catatan 6 bab 1, juga Sezgin, op.cit, i, h. 612 catatan 18 bab 3. Arnold, The Preaching of Islam, h. 428-435.
[6] Untuk informasi biblografi, lihat Moritz Steinschneider, Polemische und apologetische Literatur in arabischer Sprache, Leipzig, 1877, cetak ulang oleh Hildesheim, Olms, 1966; "Bibliographie du dialogue islamo-chretien" dalam Islamo-christiana, i, 1975, h. 125-176; ii, 1976, h.187-249. Erdmann Pritsch, Islam und Christentum im Mittelalter: Beitrage zur Geschichte der muslimischen Polemik gegen das Christentum in arabischer Sprache, Breslau, Muller u. Seifert, 1930. Survey mutakhir yang sukses dilakukan oleh Waardenburgh, op.cit, khususnya h.258-269, catatan 25 bab 3.
[7] (Pellat) "al-Jahiz" dalam Encyclopedia of Islam.
[8] Lihat catatan 16 bab 3.
[9] R.J. McCarthy (ed.), Kitab al-Tawhid, Beirut, Librairie Orientale, 1957, h. 75-103.
[10] J.D. Luciani (ed.), Kitab al-Irshad, Paris, Leroux,1938, h. 28-30 tentang substansi dan hipostases.
[11] "Ibn Hazm" (R. Arnaldez), Encyclopedia of Islam. Rujukan-rujukan ke edisi Baghdad dalam 5 volume, 1960?
[12] 1 Chorinthians 1: 24, Kristus Kekuatan dan kebijakan Tuhan.
[13] Al-Radd al-jamil li ilahiyyat 'Isa bi sarih al-injil ("Refutation Excellence de la divinite de Jesus Christ d'apres les evangiles", terjemah dan editor oleh Robert Chidiac, paris,1939. Juga telah didiskusikan oleh Louis Massignon dalam "Le Christ dans les evangiles selon al-Ghazali", Rosue des etudes islamques, iv, 1932, h. 491-536, dicetak ulang pada Opera Minora, Beirut, Dar al-Maaref, 1963, ii, h. 523-536.
[14] Hava Lazarus Yafeh dalam Studies in al-Ghazali, Jerusalem, Magnes Press, 1975, h. 458-487.
[15] Al-Qistas al-mustaqim dalam Al-Jawahir al-Ghazali, Kairo 1324 M., h. 156-203, khususnya h. 175 dan seterusnya. Massignon, Opera Minora, ii, h. 524.
[16] Al-Maqsad al-asna, Kairo 1324 H., h. 73-75. Bandingkan dengan Massignon, op.cit., h. 533 dan seterusnya.
[17] Nihayat al-iqdam fi 'ilm al-kalam, editor dan penterjemah A. Guillaume (London, Oxford University Press, 1934.
[18] W. Cureton (ed.), London, Madden, 1842; Sh. Ahmad Fahmy Muhammad (ed.), Cairo,1948 dalam 3 vol; terjemahan bahasa Jerman oleh Theodor Haarbucker, Halle, 1850-1851. Bahasan tentang Kristen didapat pada h. 171-179, London, dan ii, h. 32-52, Cairo.
[19] Lihat "Ash-Shahrastani's account of Christian Doctrine" dalam Islamochristiana, ix, 1983, h. 249-259.
[20] "Al-Murtadd" (Heffening) dalam Encyclopedia of Islam, edisi 1.
[21] Migne, Patrologia Graeca, vol. 94 kol. 764 dan seterusnya. Dua versi Disceptatio dalam Migne, vol. 94, kol. 1585 dan seterusnya dan 96 kol. 1335-1348.
[22] George Graf, Geschichte der christlicheen arabischen Literatur, Vatican City, 1947, lebih 500 halaman orang-orang Kristen menulis dalam bahasa Arab sesuai dengan pertengahan abad lima belas.
[23] 4.171; 3.45. Lihat pula Parrinder, op.cit., h. 45-51 dan catatan 11 bab 2.
[24] Berbeda dengan Amsal Sulaiman; namun meragukan bila 33:6 yang dimaksudkan, sungguhpun dikutip oleh Timothy.
[25] Lihat catatan 5 bab 3. Timothy dalam Woodbrooke Studies, ii, h. 22, 69 dan seterusnya.
[26] Bandingkan dengan catatan 7-10 bab 5.
[27] Timothy, op.cit., h. 61, 54, 36.
[28] Lihat catatan 5 bab 5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar